Monday, July 9, 2012

Membaca File Ms Word di Handphone

Banyak orang mungkin bingung bagaimana caranya membaca file word di handphone. Ketika menyimpan file word di handphone, biasanya hanya terbaca sebagai file yang bertanda tanya, artinya file tersebut tidak dapat dibaca karena fitur handphone tidak mendukung. Untuk handphone yang menyediakan fitur pembaca file word, tentu saja tidaklah menjadi persoalan, karena handphone tersebut dengan mudah membacanya. Lantas, adakah cara yang bisa digunakan untuk membaca file tersebut di handphone yang tidak menyediakan fitur pembaca file word? Tentu saja, ada.
Nah, yang Anda lakukan adalah menyalin (copy) file word yang ada di komputer sesuai dengan keinginan Anda dan menempelkannya (paste) di notepad. Lalu save file tersebut dan salinlah di handphone. Setelah itu, Anda dapat membukanya karena file tersebut akan terbaca. Mengapa bisa? Format file notepad adalah .txt. Handphone biasa yang tidak menyediakan fitur pembaca word hanya bisa membaca file .txt. Itulah sebabnya Anda dapat menggunakan hal ini untuk membaca file word di hp.
Oh ya, ada beberapa pengecualian, untuk handphone yang mempunyai memory card (contohnya pada hp Cina) bisa membaca hingga ribuan karakter, tapi untuk hp yang tidak menyediakannya, karakternya hanya sampai 3 ribu saja. Misalnya saja handphone Nokia 2330 Classic. Sehingga, data yang melebihi karakter tersebut akan terpotong tulisannya. Data Ms. Word yang telah berubah format menjadi .txt ini juga dapat dikirim lewat bluetooth dan akan diterima sebagai notes (catatan), yang terletak di organizer.
Jadi, tak perlu khawatir data word Anda tidak terbaca di hp, tinggal menyalinnya di notepad menjadi format .txt, hp Anda dengan mudah membaca data tersebut.

good luck, ^_^

No comments:

Post a Comment