Monday, July 9, 2012

Alat Pengubah Asap Rokok Menjadi Oksigen

http://images.detik.com/content/2012/07/04/10/162505_siswadalam.jpg
http://images.detik.com/content/2012/07/04/10/162505_siswadalam.jpg
Karya siswa Indonesia asal Semarang ini menarik untuk dicermati. Selain memenangkan penghargaan bergengsi di tingkat internsional, temuan menarik ini bisa menimbulkan 2 hasil yang berlawanan.
Alat yang bernama T-Box ini mampu mengurai CO2 dari asap rokok menjadi O2 dan carbon yang dapat dimanfaatkan. Masalah validasi dan verifikasi manfaat alat tersebut pasti sudah dilakukan oleh tim penilai sehingga kita tidak perlu membahasnya lagi.
Temuan ini menarik karena bisa membuat udara di sekitar kita yang dicemari asap rokok menjadi lebih baik. Hal ini bisa menjadi salah satu solusi pencemaran udara yang ada di sekitar kita. Kualitas udara yang jelek bisa ditingkatkan dengan temuan ini.
Di sisi yang lain, alat ini juga bisa meningkatkan jumlah perkokok di Indonesia. Dalam artikel tersebut, dituliskan bahwa tujuan dari pembuata alat ini adalah membuat perokok betah di smoking room dan tidak mengganggu orang lain. Sepertinya ini membuat kampanye kesehatan bahwa rokok berbahaya bagi kesehatan menjadi kontra produktif.
Bagaimana pendapat Anda?

No comments:

Post a Comment