Monday, July 9, 2012

Bagaimana Olahraga Dapat Mencegah Kanker?

Bagaimana Olahraga dapat Mencegah Kanker?
Melalui suatu artikel yang berujudul More Evidence That Exercise Prevents Cancer, kajian dari The 2004 Copenhagen Male Study menunjukkan secara efektif hubungan antara aktivitas fisik dengan pencegahan penyakit kanker. Data dari 5000 laki-laki yang terkumpul selama 23 tahun menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang sedang (moderat) dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu mencegah timbulnya kanker.
Kanker Kolon dan Usus
Mayoritas ahli, termasuk Dr. Inge Haunstrup Clemmension dari Copenhagen’s Cancer Foundation, lebih jauh berpendapat bahwa olahraga dapat mempercepat pergerakan makanan di dalam saluran cerna dan kolon (usus besar). Dengan demikian, bahan-bahan yang memiliki kecenderungan sebagai agen kanker tidak memiliki cukup waktu untuk melekat pada sel-sel di saluran cerna dan menginduksi timbulnya sel kanker.
Kanker Payudara
Kanker lebih menyukai sel-sel yang kaya lemak, meskipun hal ini belum secara jelas diketahui penyebabnya, menurut Dr. Anne McTiernnan dari Fred Hutchinson Cancer Research Center, Seattle. D. Mc Tiernan berpendapat bahwa kadar hormon pada wanita yang mengalami obesitas (kegemukan) cenderung lebih tinggi meningkatkan kemungkinan terjadinya kanker payudara. Secara logis, olahraga dapat menurunkan lemak serta sel-sel lemak dalam tubuh sehingga mampu menurunkan risiko kanker payudara.
Keuntungan lain dari olahraga
David Batty dan Inger Thune, pakar epidemiologi, dalam editorial salah satu edisi British Medical Journal, mendukung pendapat mengenai peran positif olahraga dalam pencegahan kanker. Dalam editorial tersebut, mereka menulis pengaruh positif dari olahraga terhadap jantung dan kapasitas paru-paru, tingkat energi, kadar hormon, pertahanan antioksidan alamiah dan bahkan perbaikan DNA yang semuanya mengarah pada pencegahan kanker.

JAGA KESEHATAN.^_^

No comments:

Post a Comment