Tuesday, February 23, 2016

KARYA ILMIAH: PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP DI ERA GLOBALISASI

Oleh: Rio Dezaneru / A1D515003

PENDAHULUAN
1.1            Latar Belakang
Globalisasi adalah perubahan yang terjadi dan berskala dunia. Perubahan yang terjadi bukan hanya dalam satu aspek, tetapi dalam semua aspek mulai terbesar sampai terkecil yang ada di dunia. Baik itu dalam aspek ekonomi, budaya, politik, maupun sosial.
Tilaar (2012:3) menyatakan “secara garis besar dapat kita katakan globalisasi merupakan suatu keterkaitan dan keterhubungan dari seluruh aspek di dalam kehidupan manusia.” Maka apapun yang manusia perbuat itu termasuk ke dalam globalisasi itu sendiri.

Efek dari globalisasi itu sendiri tidak dapat terbendung dan berpengaruh. Tuntutan yang terjadi kepada orang-orang yang hidup di era sekarang pun bertambah, hal ini bisa dilihat dengan banyaknya jumlah pengangguran yang terjadi yang di karenakan kurangnya kemampuan untuk melamar pekerjaan maupun membuka lapangan kerja.
Di era globalisasi ini seorang manusia harus memiliki kualitas tertentu agar dapat memiliki peluang untuk dapat bersaing dengan yang lainnya. Tilaar (2012:23) menyatakan “ masalah inti dalam menghadapi globalisasi ialah bukan proses globalisasi itu sendiri atau lahirnya lembaga pasar bebas, tetapi masalah ketidakseimbangan dari pengaturan-pengaturan kelembagaan yang menghasilkan ketidakadilan atau keseimbangan dari proses globalisasi itu.”
Entrepreneurship sangat dibutuhkan untuk mengimbangi dampak dari globalisasi. Karena, untuk menjadi seorang entrepreneur itu tidak diperlukan ijazah yang tinggi, tapi yang dibutuhkan adalah kreatifitas dan inovasi untuk bisa bersaing di era globalisasi.
SuharSaputra (2013:139) peran entrepreneur sangat menonjol dalam kehidupan dan pembangunan ekonomi dengan inovasi dan motivasi berprestasinya telah menumbuhkan kesadaran bahwa sifat entrepreneur sangat dibutuhkan tidak hanya dalam konteks pembangunan ekonomi namun juga dalam konteks kehidupan lainya”.
Pendidikan adalah salah satu cara untuk mengasah kemampuan sehingga mampu bersaing di era globalisasi ini. Sasaran pendidikan adalah manusia, pendidikan bermaksud membantu peserta didik untuk menumbuh kembangkan potensi-potensinya. Di dalam pendidikan, peserta didik akan belajar memahami, berkarya, menjadi diri sendiri, dan hidup bersama.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (2014:9) menyatakan “Produk dari pendidikan menimbulkan mobilitas (vertikal maupun horizontal); masalah-masalah yang timbul dalam pendidikan yang dampak-dampaknya (positif ataupun negatif) dirasakan terutama oleh masyarakat pemakai, misalnya, timbulnya golongan menengah yang menganggur karena jenis pendidikan tidak sesuai dengan pasar kerja; atau kesenjangan dalam pemerataan dan mutu pendidikan; pendidikan lanjutan yang hanya dapat dinikmati oleh anak-anak orang kaya dengan pendidikan terminal dari anak-anak yang orang tuanya tidak mampu......”.
Pendidikan sangat dibutuhkan untuk mengurangi jumlah pengangguran dan mengoptimalkan potensi-potensi pada diri manusia itu sendiri. Namun, permasalahan yang dihadapi adalah pendidikan lanjutan seperti untuk masuk ke universitas agar dapat mendapatkan masa depan yang lebih baik masih banyak yang tidak bisa merasakannya.
Pendidikan entrepreneurship menjadi solusi untuk mengatasi masalah yang sangat krusial sekarang ini. Dengan banyaknya entrepreneur baru maka akan banyak lapangan kerja baru, maka jumlah pengangguran akan berkurang. dengan begitu akan membawa perubahan besar bagi perkembangan perekonomian negara.
Tilaar (2012:76) menyatakan “Para entrepreneur merupakan orang-orang pionir yang berani mengambil resiko untuk suatu perubahan”. Bukan hanya perubahan untuk dirinya sendiri tapi juga perubahan untuk orang-orang yang disekitarnya.


1.2                        RUMUSAN MASALAH
            Berdasarkan dari latar belakang diatas dapat di rumuskan masalah yang ada, yaitu:
1.                Apa yang dimaksud globalisasi?
2.               Apa itu Pendidikan Entrepreneurship?
3.               Bagaimana pendidikan Entrepreneurship di era
globalisasi?

1.3        TUJUAN PENULISAN
            Tujuan penulisan Karya Ilmiah ini, yaitu :
1.       Memahami apa itu globalisasi
2.       Memahami Pendidikan Entrepreneurship
3.       Mengetahui Pendidikan Entrepreneurship di era globalisasi

PEMBAHASAN
1.               Globalisasi
Era globalisasi ditandai oleh berbagai perubahan kehidupan manusia baik sebagai perorangan maupun sebagai anggota masyarakat dan anggota suatu bangsa (Tilaar, 2012:XIII). Perubahan yang terjadi tidak hanya di beberapa aspek kehidupan, namun dalam setiap segi kehidupan mengalami perubahan dan ini bersifat dunia atau global.
Tilaar (2012:XIII) menyatakan “perubahan tersebut terutama disebabkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi komunikasi dan informasi”. Dikarenakan pertumbuhan yang pesat pada sektor tersebut secara tidak langsung itu menggerakkan manusia untuk berkembang lebih cepat dan menyesuaikan kebutuhan yang diperlukan.

Pada dasarnya perubahan global dewasa ini dapat dikategorisasikan di dalam tiga perubahan besar yaitu 1) Perdagangan bebas di dalam dunia yang terbuka. 2) Perubahan di dalam kehidupan politik, yaitu berkembangnya kehidupan demokrasi diseluruh dunia. 3) Sejalan dengan berkembangnya kehidupan demokrasi di dunia, kesadaran terhadap hak asasi manusia semakin menonjol (Tilaar, 2012:XIV)
Schirato (Tilaar, 2012:15) mendefinisikan proses globalisasi yang hampir bersamaan sebagai berikut: 1) globalisasi di dalam bidang ideologi, 2) globalisasi di dalam bidang teknologi, informasi serta kompresi waktu dan tempat, 3) pengaruh globalisasi terhadap kedaulatan negara, 4) globalisasi dalam kebudayaan dan identitas suatu suku atau suatu negara.
Indonesia merupakan negara berkembang yang mayoritas penduduknya masih hidup dalam kemiskinan di tengah kekayaan alam yang berlimpah. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena masyarakat Indonesia identik dengan budaya yang masih sangat kuat dan sulit untuk menerima perubahan. Oleh karena itu, jika masyrakat Indonesia bisa menerima perubahan global ini sangat mungkin untuk menaikan taraf hidup masyarakat.

2.               Pendidikan Entrepreneurship
Mulyasa (2013:189) manyatakan “kewirausahaan merujuk pada sifat, watak dan karakteristik yang melekat pada setiap individu yang memiliki kemauan keras untuk mewujudkan dan mengembangkan gagasan kreatif dan inovatif dalam setiap kegiatan yang produktif.
Di negara-negara maju di benua Amerika Serikat dan Eropa, pendidikan kewirausahaan berkembang dengan pesat. Di Eropa Timur dengan tumbangnya pemerintahan komunis dan berkembangnya perusahaan individu yang berorientasi pada pasar dengan menanamkan jiwa wirausaha, pendidikan formal dan nonnformal. Sementara itu di Indonesia dengan dikeluarkannya instruksi Presiden Republik Indoensia Nomor 4 Tahun 1998 kewirausahaan diinstruksikan untuk diberikan di semua pendidikan formal dan pendidikan non formal (Sagala, 2013:187)
Tujuan dari pendidikan kewirausahaan adalah untuk Memehami: (1) karakteristik kewirausahaan dalam memimpin sekolah dan menguasai teknik bagaimana mengubah mentalitas, sikap dan perilaku diri orang agar memiliki karakteristik tersebut; (2) pengertian kreativitas dan inovasi dan bagaimana agar menjadi kreatif dan inovatif; (3) peran sekolah terutama bagi kemampuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dan kehidupan terdidik; (4) proses kewirausahaan, perencanaan dan pengembangan produk serta pendiran  unit-unit baru dalam mengembangkan sekolah; (5) teknik memahami, mengidentifikasi dan menganalisi peluang peningkatan mutu pendidikan; (6) sumber-sumber pembaruan teknologi pendidikan dan manajemen sekolah; (7) teknik menyusun proposal; (8) teknik manajemen pembelajaran: pengembangan prodak, pemasaran produk, memperoleh sumber-sumber usahadan keuangan dan akuntansi; dan (9) prinsip-prinsip bisnis yang diterapkan untuk usaha sekolah.

3.         Pendidikan Entrepreneurship di Era Globalisasi
Andrew Jhon (Tilaar, 2012:25) menyatakan globalisasi berkenaan dengan bidang kehidupan ekonomi, politik, dan pemerintahan, bidang sosial dan budaya serta masalah lingkungan.
Telah kita ketahui bahwa globalisasi adalah suatu gejala yang tidak dapat dihentikan dan harus dihadapi oleh umat manusia. Di indonesia sendiri efek dari globalisasi dituntutnya agar manusia di bumi pertiwi ini untuk memiliki standar yang lebih tinggi untuk dapat melamar pekerjaan.
Apa lagi jika indonesia bergabung dengan MEA (Masyarakat Ekonomi Eropa) masyarakat indonesia dituntut untuk memiliki standar dari luar dan masyarakat indonesia itu sendiri akan sangat susah. Oleh karena itu, pendidikan entrepreneur lagi sangat genjarnya untuk di laksanakan di seluruh sekolah di indonesia.
Ketika pendidikan entrepreneur sudah berjalan dengan semestinya maka terlahirlah para entrepreneur baru yang siap membuka lapangan pekerjaan dan mengerakkan roda perekonomian negara. Semakin banyak entreprenuer maka akan semakin maju pula perekonomian suatu negara, dan akan semakin berkembang manusia didalamnya untuk lebih kereatif dan inovatif untuk menciptakan sesuatu yang baru.




Kesimpulan
            Pendidikan entrepreneur ada untuk menciptakan entrepreneur baru yang kreatif dan inovatif, agar memiliki daya saing di era globalisasi ini. Dengan adanya entrepreneur baru akan menciptakan lapangan kerja yang baru pula, dan akan meningkatkan perekonomian negara.
            Memang tidak semua orang mempunyai mental entrepreneur tapi mental entrepreneur ini bisa dibentuk dengan pendidikan entrepreneur yang sekarang lagi giat dilakukan oleh pemerintah di sekolah-sekolah di seluruh indonesia, Untuk memajukan indonesia dan menggerakkan roda perekonomian. Negara bisa dikatakan maju bisa dilihat dari banyaknya entrepreneur di negara tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

Tilaar, H.A.R. 2012. Pengembangan Keratifitas dan Entreprenuership. Jakarta: kompas
Tim Dosen Administrasi Pedidikan Universitas Pendidikan Indonesia. 2014. Manajemen Pendidikan. Bandung: ALFABETA
Suharsaputra, Uhar. 2013. Administrasi Pendidikan. Bandung: Aditama
Mulyasa. 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Akasara
Sagala, Syaiful. 2013. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: ALFABETA

1 comment:

  1. Gambling Sites - Drmcd
    This includes 전라남도 출장마사지 betting on football, horse racing, cycling, cricket and all sports. · 여수 출장샵 Bet365 is one of the best online gambling sites. · Bet365 목포 출장안마 is 태백 출장샵 a 제주도 출장안마 UK-listed

    ReplyDelete